Kamis, 12 Mei 2011

Cara membuat Plan Marketing

Bagaimana cara menyusun dan membuat marketing plan? Elemen analisa apa saja yang perlu dimasukkan didalamnya? Slide presentasi ini dengan eksploratif menguraikan sejumlah elemen kunci untuk menyusun marketing plan yang baik. Selain itu, dalam slide ini juga ditampilkan contoh nyata sebuah marketing plan.
Secara garis besar, materi dari file powerpoint presentasi ini adalah sbb:
• Menyusun Analisa Situsasi Pasar dalam Marketing Plan
• Menentukan Sasaran Marketing Plan
• Merumuskan Strategi dan Taktik Pemasaran dalam Marketing Plan
• Mengalokasi Budget Marketing Plan

Mengapa saya memerlukan rencana pemasaran?
Tujuan rencana pemasaran adalah untuk merencanakan kerja anda dan melaksanakannya. Nasihat filosofi bisnis ini akan membantu anda untuk berhasil di berbagai aktivitas – termasuk pemasaran.
Apakah rencana pemasaran itu?
Rencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan merincikan harapan penjualan, saham pasar, dan sebagainya. Rencana ini sangat rinci dan spesifik. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan, aktivitas-aktivitas pengiklanan, pemberian harga, dan upaya-upaya pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran juga menyatakan secara tepat apa yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran produk baru dan mendukung produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencara akan dilaksanakan dan apa hasilnya juga tertulis dalam rencana pamasaran. Rencana ini adahal dokumen rahasia yang biasanya terjilid.

Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?
1)     Executive summary/ringkasan pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus menjelaskan tentang dana yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.
2)     Analisa tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.
3)     Penaksiran terfokus pada kesempatan bisnis. Yang termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini, harus dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan tantangan-tantangan bisnis yang perlu dihadapi.
4)     Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau saham pasar yang akan anda dapatkan.
5)     Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda. Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan harga, mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya. (Baca artikel  80 Small Business Marketing Tactics di website kami)
6)     Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini, bagaimana anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan. Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda jual?
Bagaimana saya menjalankan rencana pemasaran saya?
Menjalankan rencana pemasaran dimulai dari menentukan siapa pelanggan anda. Setelah mengetahui kepada siapa anda akan menjual barang anda, 4 macam alat pemasaran bisa digunakan untuk mencapai tujuan. 4 alat itu adalah Product, Place, Price and Promotion, atau Produk, Tempat, Harga, dan Promosi.
Produk” adalah apa yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan. Ini adalah fokus dari pemasaran. Jelaskan secara rinci tentang apa yang perusahaan sediakan kepada pelanggan. Selain itu, jelaskan juga tentang tawaran-tawaran abstrak. Apakah pelanggan akan mendapatkan garansi? Pada dasarnya, produk adalah keseluruhan dari apa yang anda tawarkan ke pelanggan.
Di bawah ini adalah beberapa cara bagaimana anda bisa mengkategorikan produk anda:
  • Bentuk – ukuran, rupa, struktur jasmani.
  • Ciri-ciri –  tambahkan aplikasi-aplikasi baru ke layanan/produk anda.
  • Kualitas pelaksanaan – level dari fungsi produk dan layanan anda.
  • Kemantapan kualitas – semua produk anda harus mempunyai kualitas yang sama.
  • Daya tahan – berapa lama produk dapat bertahan.
  • Keandalan – jangan biarkan produk anda gagal berfungsi.
  • Gaya – bagaimana pelanggan melihat dan merasakan produk.
Anda juga bisa membedakan produk anda dengan menawarkan layanan spesial. Beberapa contohnya:
  • Kemudahan pemesanan – bagaimana pelanggan dapat dengan mudah memesan.
  • Pengiriman – seberapa cepat produk dapat dikirim.
  • Melatih pelanggan – apakah perusahaan anda menawarkan untuk melatih pelanggan untuk menggunakan produk atau tidak.
  • Konsultasi pelanggan – apakah perusahaan akan menawarkan anjuran-anjuran atau tidak.
  • Pemeliharaan dan perbaikan – bagaimana perusahaan membantu pelanggan untuk menjaga agar barang tetap bekerja dengan baik.
INGAT
Rancangan produk harus berdasarkan dari pengertian yang mendalam tentang apa yang pelanggan perlukan, inginkan, dan harga yang mereka hendaki, sesuai dengan hasil dari pengertian dan penelitian pasar.
Tempat” adalah titik penjualan dan pendistribusian produk atau layanan. Tempat bisa berarti toko eceran, jaringan distribusi nasional, situs e-commerce, katalog, ato lainnya. Penting untuk diketahui bahwa ada banyak cara untuk mencapai pelanggan anda. Pastikan bahwa yang anda pilih adalah yang termudah bagi pelanggan. Jika pelanggan ingin membeli lewat internet, anda pun harus menjual dari internet
Harga” adalah jumlah uang di mana pelanggan rela memberikan sebagai ganti dari produk. Penentuan harga sangat rumit. Bila anda menjual dengan harga terlalu rendah, anda akan meningkatkan penjualan tetapi dengan hasil kecil. Bila harga terlalu tinggi, pelanggan anda akan membeli dari saingan anda. Cara yang baik untuk menentukan harga adalah dengan melihat keadaan pasar sekitar: Anda dapat memberi harga tinggi bila produk diterima pelanggan sebagai barang baru, unik, dan tidak ada penggantinya. Tetapi anda harus menurunkan harga bila terdapat banyak saingan dan barang pengganti.
Promosi” menjelaskan tentang aktivitas-aktivitas komunikasi yang digunakan untuk memastikan bahwa pelanggan tahu tentang tawaran perusahaan, mempunyai kesan baik terhadap produk, dan akhirnya melakukan transaksi. Promosi bisa berupa macam-macam bentuk seperti iklan TV, promosi, telemarketing, dan sebagainya.
Bagaimana saya dapat mengontrol rencana pemasaran?
Ada kemungkinan rencana pemasaran anda tidak berjalan sesusai dengan renaca awal. Contoh-contoh hal yang dapat terjadi:
  1. Pelanggan menggunakan produk untuk sesuatu yang berbeda
  2. Permintaan pasar lebih rendah dari yang diharapkan
  3. Saingan-saingan anda mendahului anda
  4. Biaya pemasaran lebih tinggi dari yang diharapkan
Untuk mengontrol rencana anda, pastikan untuk mengawasi kemajuan anda terus-menerus. Lebih tepatnya, pastikan untuk selalu periksa rencana, keuntungan, kedayagunaan, dan strategi.

Marketing MIX

Arti Definisi/Pengertian Pemasaran & Fungsi Pemasaran/Marketing - Ilmu Manajemen Pemasaran

Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
Fungsi-Fungsi Pemasaran :
1. Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.

Marketing Pemasaran ( MIX Marketing )

Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
“Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Ada banyak alat pemasaran, McCarthy mempopulerkan pembagian kiat pemasaran ke dalam 4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product, price, place, and promotion” (cited in Kotler, 1992:92).

Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran. Lovelock dan Wright (2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 8Ps, yaitu:

product elements, place, cyberspace, and time, promotion and education, price and other user outlays, process, productivity and quality, people, and physical evidence.

1. Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
2. Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
3. Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.
4. Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.
5. Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan
6. Productivity and quality, produktivitas adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.
7. People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
8. Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.